Kamis, 27 Juni 2013

STEREOTIP DALAM ETIKA DAN FILSAFAT KEPEMIMPINAN



Nama              :Yulita Atik Marchita
Nim                 :2012210086
No HP             :082155173397
Prodi               :Administrasi Negara

JAWABAN TUGAS 2.
      Immanuel Kant (1724-1804 M), mengatakan bahwa filsafat adalah ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya tiga persoalan, yaitu :
·         Apakah yang dapat kita ketahui (dijawab oleh metafisika)
·         Apakah yang boleh kita kerjakan (dijawab oleh etika) 
·         Sampai di manakah penghargaan kita (dijawab oleh agama)

1. Apakah yang dapat saya ketahui ?
Yang dapat saya ketahui yaitu bagaimana sebuah kekuatan yang terletak pada kekuatan mental,akal pikiran ,hati jiwa serta fisik tubuh manusia, yang mana jika manusia bisa membangkitkan kinerja semua unsur tubuh mereka dan mereka memiliki kekuatan super dasyat,dan  bagaimana tentang sesuatu hal yang tidak bisa kita rasakan oleh seluruh pancaindera dan tidak bisa di nalar oleh rasio manusia. Dimana didalam metafisika  dipahami sebagai suatu ilmu tentang batas-batas rasionalitas manusia. Metafisika tidak lagi hendak menyibak dan mengupas prinsip mendasar segala yang ada tetapi metafisika hendak pertama-tama menyelidiki manusia (human faculties) sebagai subjek pengetahuan

2. Apa yang harus saya lakukan ?
Yang harus saya lakukan yaitu: menjadi orang yang baik, berbuat baik dan menginginkan hal baik dalam hidup,dan kita harus mengetahui  sifat baik buruknya atau kelemahan diri kita sendiri.Di dalam etika,kita di tuntut untuk berbuat baik.karena Etika sebagai pedoman berbuat sesuatu dengan alasan tertentu. Alasan tersebut sesuai dengan nilai tertentu dan pembenarannya. Etika penting karena masyarakat selalu berubah, sehingga kita harus dapat memilih dan menyadari kemajemukan (norma) yang ada (filsafat praksiologik). Jadi etika juga merupakan sustu alasan untuk memilih nilai yang benar ditengah belantara norma. (filsafat moral).

3.   Apa yang bisa kita harapkan ?
Yang bisa kita harapkan, didalam kehidupan kita mengharapkan suatu keselamatan dan  hal yang baik,yang berguna bagi kehidupan kita dan sesuai dengan ajaran-ajaran agama. Maka kita juga memperhatikan bagaimana kita beretika di dalam bermasyarakat yang selalu berkaitan dengan agama, dimana agama di pandang sebagai pedoman hidup atau kepercayan/keyakinan yang di dalamnya terdapat larangan-larangan & yang boleh kita lakukan,dan apa yang kita harapkan.Karena agama merupakan salah satu norma dalam etika.Agama dan etika saling berkaitan,keduanya saling memperhatikan. Kant menyatakan bahwa memang tuhan hanya bisa didekati melalui iman dan iman itu dilandasi oleh hukum moral. Hukum moral mewajibkan kita untuk selalu melakukan kebaikan. Tetapi hukum moral ini mensyaratkan 3 hal utama, yaitu: kebebasan, keabadian jiwa, dan keberadaan tuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar